Pesonanya Wisata Curug Gongseng Kuningan Jawa Barat

Sudah menjadi hal umum bahwa keindahan di berbagai kawasan wisata​ curug menjadi ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan pula Curug Gongseng. Tumpahan air terjun di sela-sela bebatuan, seakan memberikan kesan bahwa kawasan ini sangat asri dan alamiah. Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang menawarkan keindahan dan suasana damai tak terkira adalah Curug Gongseng. Meskipun hampir semua curug atau air terjun memiliki ‘wajah’ yang mirip, masing-masing memiliki keunikan dan keistimewaan. Lalu keunggulan apa saja yang dimiliki Curug Gongseng?

Pesona dan Daya Tarik Curug Gongseng

Pesona Curug Gongseng

Jika Anda hanya membaca tulisan mengenai pesona dan daya tarik Curug Gongseng mungkin belum seratus persen tergugah. Tapi jika Anda datang menyaksikan sendiri ke sini, Anda akan terkagum karena melihat bebatuan yang memiliki tekstur unik dan menarik. Terlebih saat bebatuan tersebut terkena tumpahan air curug.

Benar-benar cantik luar biasa! Tidak hanya itu, pesona Curug Gongseng juga terletak pada panorama alam nan hijau yang tumbuh di sekitarnya membuat curug ini sangat eksotis. Bagi Anda yang gemar menjelajah wisata alam atau mencari tempat ideal untuk mencari kedamaian dan ketenangan, Curug Gongseng bisa menjadi pilihan yang ideal. 

Satu lagi alasan yang menjadi keistimewaan Curug Gongseng, yaitu terdapatnya peninggalan bersejarah zaman Megalitikum yang masih berada dalam satu kawasan dengan curug. Jadi tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke sini. Selain menikmati keindahan wisata alam yang disuguhkan curug, Anda bisa mempelajari situs bersejarah tersebut. Rasanya bangga jika di Indonesia masih banyak ditemukan peninggalan bersejarah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti dan menghargai sejarah. Jadi, sempatkan untuk ke sini, ya.

Oleh warga sekitar, keindahan Curug Gongseng senantiasa dirawat agar tetap terjaga dan membuat pengunjung betah. Jadi tidak heran jika banyak orang yang pernah berkunjung ke Curug Gongseng akan kembali ke sini lagi untuk bisa merasakan hawa sejuk dan damai. Selain karena pesonanya yang memukau, curug yang berada di Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan ini juga memiliki akses yang sangat mudah, yaitu;

Wisata Curug Cigongseng Kuningan Jawa Barat

Fasilitas Curug Gongseng

Tidah hanya curugnya yang menyita perhatian para wistawan, namun di kawasan curug ini ternyata ada peninggalan bersejarah zaman Megalithikum. Wah, tidak disangka ya tempat sebegitu memesonanya hingga ditemukan situs purbakala di sana. Semakin lengkap bukan dengan hadirnya peninggalan sejarah di sana. Fasilitas yang ditemui di kawasan wisata ini masih tergolong minim namun sudah memenuhi standart pengelolaan kawasan wisata. Di sana juga sudah terdapat lokasi parkir yang memadai, toilet yang layak, tempat beribadah, dan juga saung untuk santai serta berteduh dengan anggota keluarga atau dengan teman yang lain.

Kawasan Desa Cibuntu ini merupakan kawasan penuh akan wisata. Curug Gongseng hanya sebagian dan salah satu wisata dari Kawasan Desa Cibuntu. Jadi, sepulang dari Curug Gongseng, jangan lupa untuk mampir ke destinasi yang tidak jauh dari lokasi Curug Gongseng itu sendiri.

Keindahan Curug Gongseng

Yang menjadi ciri khas Curug Gongseng ini dengan curug yang lain yaitu suguhan panorama yang hijau nan asri serta artistik bebatuan di kawasan wisata ini membuat Curug Gongseng menjadi berbeda dengan curug yang lain. Keindahan air terjunnya yang dipadukan dengan hijaunya hutan yang masih terjaga menambah ciri khas dari wisata Curug Gongseng ini. Dan tak lupa pula, kolam tempat jatuhnya curug juga sangat anggun hingga wisatawan dibuat betah berlama-lama mandi di sana.

Keindahan Curug Gongseng senantiasa dirawat oleh warga sekitar, agar para wisatawan yang hadir merasa nyaman dan tidak enggan untuk kembali mengunjungi Curug Gongseng di kawasan Desa Cibuntu ini. Meski fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Gongseng sangat minim, namun keindahan alam yang tidak akan didapatkan dari tempat lain, menjadi sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat Hunting Foto di Curug Gongseng

Wisata Curug Gongseng Kuningan Jawa Barat

Karena pemandangannya yang dianggap masih alami, pengunjung banyak yang tergoda untuk mendokumentasikan berbagai kegiatannya selama berada di kawasa Curug Gongseng. Wisatawan berlomba-lomba untuk hunting foto di kawasan ini demi menghasilkan gambar yang diinginkan yakni eksotisme pemandangan di kawasan Curug, atau di tepian kolam tempat jatuhmya air terjun yang dikenal dengan Air Terjun Gongseng.



0 Response to "Pesonanya Wisata Curug Gongseng Kuningan Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel