Enak Dan Asyiknya Wisata Balong Cigugur Kuningan Jawa Barat

Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554, Indonesia.adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Enak Dan Asyiknya Wisata Balong Cigugur Kuningan Jawa Barat

Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota  kuningan tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat  di kota kuningan.

Kolam Cigugur atau yang lebih di kenal dengan nama Balong Keramat Cigugur adalah satu diantara tempat wisata di Kabupaten Kuningan. Balong ini adalah balong keramat peninggalan Raja Sunda Galuh Pakuan, Prabu Resi Guru Darmasiksa Sanghyang Wisnu yang memerintah pada 1175 – 1297 M. Saat ini balong ini dikelola oleh PDAU kabupaten Kuningan.

Enak Dan Asyiknya Wisata Balong Cigugur Kuningan Jawa Barat

Kenapa orang-orang berasumsi Balong Cigugur sebagai balong keramat? Satu diantara argumennya yaitu lantaran kehadiran Ikan Kancra Bodas atau Ikan Dewa di Balong Cigugur. Pengeramatan itu dikerjakan oleh orang-orang pada ikan semacam yang hidup di kolam Darmaloka, Cibulan, Linggarjati, serta Pasawahan. Maksud pengkeramatan pada ikan langka itu tak lain mempunyai tujuan untuk melindungi serta melestarikannya dari kepunahan akibat tingkah manusia.

Lepas dari maksud untuk melestarikannya, Ikan Dewa memanglah mempunyai mitos sendiri tentang asal usulnya. Orang-orang sekitaran meyakini kalau Ikan Dewa yaitu jelmaan dari prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Ikan Dewa tidak sering didapati di daerah lain. Lantaran keberadaannya yang langka dan di keramatkan oleh orang-orang sekitaran, ikan ini tak pernah di ganggu terlebih di pancing untuk dikonsumsi. Orang-orang yakini orang yang konsumsi ikan dewa bakal celaka. Karenanya ada mitos itu, jadi kelestarian dari Ikan Dewa atau Kancra Bodas ini terbangun serta jadi daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan.

Wisata Ikan Dewa Cigugur

Ikan Dewa adalah type ikan yang akrab dengan manusia. Bahkan juga pengunjung disiapkan kolam spesial untuk berenang berbarengan Ikan Dewa itu. Ada hal yang bikin orang-orang terasa aneh pada kehadiran Ikan Dewa. Jumlahnya dari tahun,ke tahun. tidak pernah menyusut atau jadi tambah. Ikan itu seakan-akan tak pernah mati atau berkembang biak. Ikan type ini juga cuma dapat diketemukan di balong-balong keramat yang ada di kabupaten Kuningan.

Keanehan yang lain tampak waktu balong dibikin bersih jadi ikan itu bakal menghilang. Orang-orang yakin kalau ikan-ikan itu beralih tempat ke balong lain yang ada di Kuningan. Ikan Dewa ini dipercaya oleh orang-orang mempunyai alur dibawah tanah untuk beralih dari Balong Keramat yang satu ke Balong Keramat yang lain.

Enak Dan Asyiknya Wisata Balong Cigugur Kuningan Jawa Barat

Tempat wisata Balong keramat Cigugur tawarkan wisata yang unik yakni pengunjung bakal dimanjakan dengan therapy ikan yang diperlengkapi hawa sejuk khas pegununggan serta keindahan alamnya. Ikan yang dipakai untuk therapy yaitu Ikan Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii).

Ikan Nilem Mangut ini memiliki keunggulan yang membuatnya pas dipakai untuk therapy Mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak, tak bergigi, berumbai yang berbentuk otot elastis yang bermanfaat untuk mengisap benda/makanan atau kulit mati. Ikan type ini berbentuk herbivora yakni pemakan dedaunan, tak galak serta dapat bersahabat dengan manusia. Banyak faedah dari therapy ikan ini, sebagian salah satunya yaitu mengonsumsi sel kulit mati atau kering, memperlancar peredaran darah pada badan, untuk kecantikan kulit, menyingkirkan pegal-pegal, kurangi stress (relaksasi), dan lain-lain.

Waktu pengunjung memasukan kaki kedalam kolam, pengunjung bakal rasakan sensani dinginnya air kolam serta pengunjung mesti siap-siap tertawa lantaran geli dikerubungi serta digigigt ikan-ikan Nilem kecil. Awal mulanya bakal merasa sedikit perih namun makin lama bakal keasyikan menikmatinya.

Pengunjung tidak butuh cemas lantaran semua ruang balong sudah diperlengkapi dengan besi pengaman dan tempat duduk untuk therapy. Di sekitar balong juga ada atap untuk berteduh, jadi baik keadaan tengah hujan ataupun panas pengunjung dapat terasa nyaman. Untuk masuk ke tempat wisata Balong Keramat Cigugur ini cuma butuh beli ticket masuk seharga Rp. 7000/orang.

Lokasi

Dimana lokasi  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat ? seperti yang tertulis di atas lokasi  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat  terletak di Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554, Indonesia.

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat saya sarankan anda mencari dengan mengetik  Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.



0 Response to "Enak Dan Asyiknya Wisata Balong Cigugur Kuningan Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel