Senangnya Wisata Lembah Cilengkrang Yang Mempunyai Udara Sejuk Dan Pemandian Air Panas

Wisata lembah cilengkrang yang berlokasi di komplek gunung ciremai, termasuk dalam kawasan hujan tropis, jadi, tidak perulu diragukan lagi undara di sini sangat sejuk adem juga asri.
Selain itu, tidak hanya lembah saja yang ada di lokasi ini , ada beberapa destinasi wiasata seperti, curug sawer, curug sabuk, pemandian air panas alami, bumi perkemahaan dan sarang elang.

Suasana di lembah cilengkrang kuningan masih sangat asri dan alami, udara yang sejuk membuat para wisatawwan rasanya betah berlama lama disni. tentunya, fasilitas yang memadai juga sangat menunjang aktivitas rekreasi yang akan di lakukan.
pengelola juga menyediakan musoal dagi wisatawan , toilet umum, tempat singgah, gazebo dan kantin kantin kecil loh.


Lembah Cilengkrang merupakan tempat wisata yang termasuk kedalam salah satu kawasan wisata alam hutan hujan tropis Gunung Ciremai.

Tempat wisata yang terletak di Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan ini memiliki luas 3,5ha. Karena wisata ini masuk kedalam kategori wisata alam sehingga daya tarik yang dimiliki Lembah Cilengkrang hampir semuanya bernuansa alami, seperti terdapatnya beberapa curug, lingkungan hutan, perbukitan, habitat beberapa hewan langka dan lain sebagainya.

Ada beberapa titik lokasi yang menjadi tujuan bagi para pengunjung diantaranya yaitu ada:

Curug Sawer


Curug yang berada didalam hutan lindung ini memiliki ketinggian mencapai 70-75m. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi curug ini harus dalam keadaan fisik yang sehat dan mental yang kuat karena medan yang akan ditempuh cukup sulit.


Curug Sabuk Curug yang berada didalam hutan lindung ini memiliki ketinggian mencapai 20m.

Kolam Air Panas Alami


Kolam yang berada tidak jauh dari Curug Sabuk ini dibuat sejak tahun 2010. Terdapat 3 kolam yang berada di sekitar Curug Sabuk, dan satu kolam yang berada tidak jauh dari area bumi perkemahan Lembah Cilengkrang. Karena air dari kolam ini merupakan air alami yang bersumber langsung dari Gunung Ciremai sehingga air tersebut dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit kulit.

(Catatan : Tidak boleh memakai sabun mandi, shampo, maupun pasta gigi).

Bumi Perkemahan


Area bumi perkemahan terletak 500m dari tempat loket. Kapasitas bumi perkemahan yang terdapat di Lembah Cilengkrang ini mencapai ± 300 orang. Bisa booking area dengan koordinasi terlebih dahulu kepada petugas.

(Catatan : Pengunjung membawa perlengkapan sendiri, karena pihak pengelola hanya menyediakan area perkemahannya saja)

Sarang Elang Jawa


Terdapat sarang Elang Jawa. Selain ada Elang Jawa, terdapat pula berbagai macam satwa langka seperti Macan Tutul, Macan Kumbang, Lutung dan Kera Untuk sampai ke beberapa titik lokasi tersebut pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Namun hal tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri serta setiap pemandangan alami hutan bisa dinikmati sambil mengiringi perjalan menuju setiap lokasi menarik yang berada di area Lembah Cilengkrang ini.

Terdapat beragam fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung yang cukup lengkap, beberapa diantaranya seperti Mushola, Kolam air hangat, Toilet, Gazebo, Area bumi perkemahan, Kantin, Wahana outbond serta Area parkir.

Untuk harga tiket masuk serta tiket camping yang dikenakan relatif terjangkau, berikut rinciannya:

Harga tiket masuk                  : Rp.10.000,- /orang (untuk hari-hari biasa).

Harga tiket masuk                  : Rp.12.500,-/orang (untuk weekend dan hari libur nasional).

Harga tiket masuk                  : Rp.8.000,-/orang (untuk anak-anak sekolah).

Harga tiket camping              : Rp.17.500,-/ (orang/malam).

Lembah Cilengkrang mulai buka dari pukul 07:30 hingga pukul 16:00. Namun menurut pengelola demi menjaga keamanan dan kenyamanan jika cuaca sedang buruk, tempat wisata ini tutup pukul 13:00/14:00. Hal tersebut dilakukan karena jika cuaca buruk tempat wisata alam ini berpotensi longsor.


0 Response to "Senangnya Wisata Lembah Cilengkrang Yang Mempunyai Udara Sejuk Dan Pemandian Air Panas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel