Belajar Sambil Berwisata Di Situs Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat

Sejarah Situs Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat

Alamat: Jl. Museum Purbakala, Cipari, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552

Situs Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan megalitik di Kabupaten Kuningan. Situs ini diduga sebagai sebuah situs desa permukiman purbakala dengan karakateristik peninggalan bangunan megalitik, seperti kubur batu dan menhir. 

Disini kamu bisa belajar sambil berwisata dan berfoto foto dengan situs yang ada di taman purbakala kuningan jawa barat ini, wisata situs purbakala ini banyak di kunjungi oleh anak anak sekolah untuk belajar sambil berwisata.

Untuk kamu yang ingin berwisata ke taman sistus purbakala cipari kuningan jangan lupa untuk membawa poto digital yah untuk mengabadikan momen kamu disini, disni cuacanya sangat segar dan asri loh karna kawasan cipari ini masih dekat dengan cigugur dan cisantana masih berhawa pegunungan ciremai.


Situ Cipari yang lebih dikenal dengan sebutan Site Museum Taman Purbakala Cipari yang pada awalnya adalah tanah milik Bapak Wijaya dan milik beberapa warga yang lainnya, semula pada permukaan tanah tidak terlihat adanya monumen apapun yang bercirikan jaman purbakala.

Sang pemilik kabun yang bernama Bapak Wijaya pada tahun 1971 menemukan jenis bebatuan yang mirip dengan batu yang pernah dipamerkan di gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur. Kemudian informasi tersebut diteliti oleh Bapak P. Djatikusuma dengan mengadakan penggalian percobaan dan menghasilkan sebuah peti kubur batu, gelang batu dan gerabah.

Penemuan tersebut dilaporkan ke lembaga purbakala dan peninggalan nasional di Jakarta. Kemudian lembaga tersebut mengadakan penelitian dan penggalian yaitu, tahun 1972 penggalian percobaan dengan tujuan penyelamatan.

Pada tahun 1975 dilakukan kegiatan penggalian total. Di tahun 1976 dimulai pembangunan Site Museum Taman Purbakala Cipari. Kemudian pada tanggal 23 Februari 1978 diresmikannya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Dr. Syarif Thayeb.

Di Cipari sendiri ditemukan tiga peti kubur batu yang di dalamnya terdapat bekal kubur berupa kapak batu, gerabah dan gelang batu. Bekal kubur masih tersimpah di dalam museum, namun di dalam peti tidak ditemukan kerangka manusia. Hal tersebut dipengaruhi faktor keasaman dan kelembapan tanah yang membuat tulang yang dikubur mudah hancur.

Area ditemukannya artefak-artefak batu dan gerabah masih tertata dengan baik. Tingkat kedalaman benda yang terkubur masih orisinil tidak ada campuran lain. Peti kubur terbuat dari batu indesit besar berbentuk sirap masih tersusun pada tempat semula. Arah makam yang mengarah ke timur laut barat daya yang menggambarkan konsep kekuasaan alam seperti matahari dan bulan yang menjadi pedoman hidup dari lahir sampai meninggal.


Ada juga tanah lapang berbentuk lingkaran dengan diameter 6 meter dengan dibatasi susunan batu sirap dan di tengahnya terdapat batu. Batu Temu Gelang ini adalah tempat lokasi upacara dalam hubungan dengan arwah nenek moyang dan berfungsi sebagai tempat musyawarah.

Foto-foto Di  Situs Purbakala Cigugur Jawa Barat





Jenis Jenis Benda Cagar Budaya Site Musium Taman Purbakala Cipari

1. KAPAK BATU 7. HEMATIT 13. KEKEB
2. GELANG BATU 8. BATU BAHAN 14. DELEMPAK (LAMPU)
3. KAPAK PERUNGGU 9. BULATAN TANAH 15. BAKOR
4. GELANG PERUNGGU 10. KENDI 16. CANGKIR
5. LUMPANGAN BATU 11. PENDIL 17. TEMPAT SAYUR
6. BATU OBSIDIAN 12. JEMBARAN

Monumen Di Luar Museum :

1. PETI KUBU R (INSITU) 4. BATU TEMU GELANG
2. ALTAR BATU (PUNDEN BERUNDAK) 5. MENHIR
3. DOLMEN 6. DAKON

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Situs Purbakala Cipari
Bagi anda yang akan mengunjungi situs yang unik dan tentunya menyimpan banyak cerita sejarah ini, anda hanya cukup membayar Rp. 2000,- per orang agar dapat masuk ke kawasan sejarah tersebut. Harga yang cukup murah untuk dapat melihat peninggalan beberapa ratus tahun yang lalu. Situs ini dibuka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Jadi tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Tips Ketika Anda Mengunjungi Situs Purbakala Cipari
  1. Bawalah perlengkapan fotografi anda agar tidak kehilangan momen yang berharga.
  2. Membawa bekal minuman dan makanan, namun jangan membuang sampah sembarangan karena ini adalah situs yang wajib kita jaga.
  3. Jangan mengambil apapun selain mengambil foto.
  4. Patuhi aturan yang ada dan berlakulah sopan.

Demikianlah ulasan mengenai Situs Purbakala Cipari. Anda dapat menjadikan wisata sejarah tersebut untuk tujuan berlibur anda bersama keluarga. Tempat ini juga cocok untuk digunakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Jadi bisa berlibur sekalian belajar. Selamat berlibur

0 Response to "Belajar Sambil Berwisata Di Situs Purbakala Cipari Kuningan Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel